Dalam dunia tarik suara kita mengenal jenis-jenis kelompok vokal
seperti Duet, Trio, Kwartet, Ansambel, Paduan Suara dll. Paduan Suara
sering kita saksikan pada acara-acara rutin gereja bahkan yang bersifat
tahunan misalnya : Pesparawi (Pesta Paduan Suara Gerejawi), Perayaan
Paskah/Natal.
.
Pembinaan Paduan Suara pada umumnya bersifat temporer, artinya hanya
dibentuk jika ada event yang membutuhkan dan menyewa pelatih dari luar
dengan biaya yang relatif mahal. Padahal bila kita memahami trik/teknik
latihan Paduan Suara sebenarnya tidak terlalu sulit dan bisa kita
kerjakan sendiri. Yang penting kita bisa membuat program latihan yang
baik, tentunya dengan sarana/tempat latihan yang representatif.
KLASIFIKASI PADUAN SUARA
.
Penulis megklasifikasikan Paduan Suara menjadi 3 (tiga) level, yaitu:
.
Level – 1 (Penguasaan Materi)
.
Kriteria : Anggota Paduan Suara mampu menyanyikan lagu/materi sesuai dengan notasi yang tertulis pada partitur.
.
Tips :
- Nyanyikan panjang pendek not sesuai nilai not pada partitur.
- Nyanyikan tinggi rendah nada sesuai dengan interval nada yang tertulis di partitur.
- Tekankan anggota untuk menghafal syairnya.
.
Level – 2 (Interprestasi)
.
Kriteria : Anggota Paduan Suara mampu menyanyikan lagu/materi sesuai
dengan interprestasi lagu yang diinginkan oleh komponis maupun aranger
lagu tersebut.
.
Tips :
- Latih keras/lembut suara sesuai dengan tanda dinamik pada partitur.
Kalau tidak tercantum pada partitur, dinamik disesuaikan dengan makna
syair atau karakter alur melody.
- Latih Artikulasi (pengucapan) syair agar terdengar jelas. Misalnya
pengucapan konsonan “r”, “s”, “ng”, serta vokal a, i, u, e, o, sehingga
terdengar perbedaannya.
- Perhatikan Intonasi (penekanan) suku kata yang sesuai dengan Birama lagu.
- Perhatikan Frasering (pengkalimatan) agar sesuai dengan kalimat yang
benar. Ini dapat dicapai jika dilaksanakan dengan teknik pernafasan yang
baik.
- Lakukan pemanasan (vokalisi) yang cukup sebelum pelaksanaan latihan
dimulai agar diperoleh Timbre (warna suara) yang menyatu, sehingga tidak
ada suara yang menonjol sendiri.
Level – 3 (Ekspresi)
.
Kriteria : Setelah melalui tahap level 1 dan 2, anggota Paduan Suara
mampu menyanyikan lagu/materi dengan penghayatan dan dikeluarkan melalui
ekspresi.
.
Tips :
- Latih cara menyanyikan lagu sesuai dengan karakter lagu, misalnya:
Lagu/aransemen yang riang dinyanyikan dengan lincah dan riang. –
Perhatikan pada aransemen yang terdapat tanda perubahan tempo, misalnya :
Accelerando, rittardando, A- tempo dll., agar dinyanyikan dengan tepat
sehingga mendukung ekspresi.
- Tidak semua anggota dapat bernyanyi dengan ekspresi. Tempatkan anggota
pada posisi central dan banjar terluar (samping kiri/kanan), karena
posisi ini mempengaruhi penampilan secara keseluruhan.
.
Pembagian Kelompok Suara
.
Paduan suara umumnya terdiri dari 4 kelompok suara yaitu Sopran, Alto,
Tenor dan Bass. Beberapa arransemen ada pula yang membagi Sopran, Meso,
Alto, Tenor, Bariton dan Bass. Untuk mendapatkan balance yang baik,
perlu pembagian yang tepat untuk masing-masing kelompok. Tips:
- Kelompokan anggota berdasarkan Range/ambitus suara, jangan paksakan
penyanyi Alto bernyanyi dikelompok sopran dengan alasan karena
kekurangan anggota sopran, demikian juga kelompok yang lainnya.
- Komposisi SATB (sopran, alto, tenor, bass) yang Ideal adalah 3:2:2:3.,
namun demikian pedoman di atas dapat berubah dengan pertimbangan
potensi Power penyanyi yang ada.
Program Latihan
.
Ada peribahasa “Seberangilah sungai dari tempat yang dangkal” artinya
mulailah segala sesuatu dari yang mudah dahulu. Artinya dalam membuat
program latihan harus bertahap dari yang mudah dahulu.
.
Tips :
- Selesaikanlah dahulu level-1 baru kemudian mulai level-2, dst. Contoh :
jangan mengajarkan materi level-2 kalau anggota belum semuanya lulus
level-1, karena akan sia-sia akibat terpecahnya konsentrasi.
- Kelompok paduan suara ibarat rangkaian gerbong kereta api. Jika salah
satu gerbong tersendat maka gerbong yang lain kecepatanya terpaksa ikut
melambat, menyesuaikan kecepatan gerbong yang tersendat tadi. Perbaiki
gerbong (baca : kelompok suara) yang lemah dahulu, baru kelompok
gerbong lainnya.
- Awali latihan dengan vokalisi terlebih dahulu, sesuai dengan karakter
lagu yang akan dinyanyikan. Jika lagu banyak menggunakan stacato,
perbanyak vokalisi stacato, jika lagu banyak nada panjang, perbanyak
vokalisi nada panjang.
- Tekankan anggota untuk membaca not, jangan menghafal not, karena
kemampuan membaca sangat diperlukan dalam PS. Setelah anggota dapat
menyanyikan notasi dengan benar tekankan untuk menghafal syair.
Dirigen
.
Dirigen dalam Paduan Suara sangat berpengaruh terhadap keberhasilan
penampilan Paduan Suara. Idealnya Dirigen Paduan Suara merangkap pelatih
sejak awal program latihan dilaksanakan, agar secara emosional akan
terjalin komunikasi. Namun karena keterbatasan personel di TNI AL yang
bisa memimpin Paduan Suara, seringkali Dirigen ditunjuk berdasarkan
senioritas, atau dari sukarelawan yang memberanikan diri karena tidak
ada yang mau menjadi dirigen. Sebaiknya hal ini dihindari.
.
Tips:
- Pilihlah Dirigen yang mempunyai wawasan PS lebih daripada anggota Paduan Suara lainnya, jangan berdasarkan senioritas saja.
- Fungsi Dirigen memadukan Suara dari anggotanya sehingga menjadi satu
komposisi yang padu dan harmonis. Untuk itu Dirigen harus menguasai
materi dengan baik dan benar, sebelum ia memadukan (memimpin) kelompok
Paduan Suaranya.
- Dirigen jangan memulai aba-aba jika belum seluruh mata anggota
memperhatikan Dirigen, karena kontak mata sangat penting untuk menjalin
komunikasi antara Dirigen dan anggota Paduan Suara.
.
Demikianlah secara singkat Tips berlatih Paduan Suara, semoga dapat bermanfaat.
.
“Keberhasilan adalah buah dari latihan, namun tanpa disiplin, latihan tidak menghasilkan apa-apa”.
.
Sumber : Kapten Laut (KH) Albert AFR, S
MAJALAH CAKRAWALA TNI – AL,http://anamsuper.blogspot.com/2011/10/teknik-berlatih-paduan-suara.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar